Perempuan: Kumpulan Cerita Pendek eBook ↠ Perempuan:

Perempuan: Kumpulan Cerita Pendek eBook ↠ Perempuan:

Perempuan: Kumpulan Cerita Pendek ➹ [Read] ➵ Perempuan: Kumpulan Cerita Pendek By Mochtar Lubis ➼ – Larringtonlifecoaching.co.uk Perempuan Kumpulan Cerita Pendek by Mochtar Lubis Membaca kumpulan cerita pendek Mochtar Lubis ini rasanya seperti mendengar kisah dari seorang kerabat yang mampir ke rumah setelah bepergian ke negeri Perempuan Kumpulan Cerita Pendek by Mochtar Lubis Membaca kumpulan cerita pendek Mochtar Lubis ini rasanya seperti mendengar kisah dari seorang kerabat yang mampir ke rumah setelah bepergian ke negeri negeri yang jauh Ada cerita tentang cinta yang aneh aneh seperti nyonya Sheila Higgins dan David Farrar Semua Bisa Dibeli , juga antara La Bandida dengan Andre Valdes La Bandinda , dan antara Aisah dengan Maeda Perempuan Cerita Dewasa Nafsu Birahi Liar Nyonya Majikan Perempuan Cerita Dewasa Nafsu Birahi Liar Nyonya Majikan Perempuan BanyakCerita , Kumpulan Cerita Dewasa, Cerita Panas Film Semi Terbaik dan Terlengkap, Update Ketut Rapti Kumpulan Perempuan: Kumpulan eBook ↠ Cerita Perempuan Qureta Perempuan adalah sebuah subjek sentral dalam kumpulan cerpen Ketut Rapti yang ditulis oleh Ni Komang Ariani iniCerita pertama hingga terakhir dibubuhkan problematika yang biasa perempuan hadapi tentang pernikahan, perselingkuhan, kebebasan, kesepian, dan pada akhirnya semua bermuara pada sebuah tuntutan bahwa perempuan paling tidak harus sempurna jika ingin hidupnya bahagia Merekam Ingatan Perempuan Kumpulan Cerita Pendek Merekam Ingatan Perempuan Kumpulan Cerita Pendek Raisa lahir dan besar di Banda Aceh Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi di Fakultas Filsafat, UGM, Yogyakarta, ia melanjutkan pendidikan pasca sarjananya di jurusan Sejarah Kolonial dan Global, Universiteit Leiden, Belanda, melalui skema beasiswa Encompass COSMOPOLIS Selain menulis cerita pendek dan esai, selama masa studinya, RaisaKumpulan Permainan Anak Anak Perempuan yang EdukatifBaca juga Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara dan Legenda Terbaik yang Sarat Akan Nilai MoralMenggambar Wajah Permainan perempuan anak anak untuk kelompok yang pertama adalah menggambar wajah Aktivitas yang satu ini sangat cocok untuk menjalin keakraban Pasalnya, anak anak akan diminta untuk melihat dengan seksama wajah dari rekannya Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara dan Legenda TerbaikKumpulan Cerita Rakyat Nusantara Legenda atau Asal Muasal Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI , legenda adalah cerita pada zaman dahulu yang ada hubunganya dengan peristiwa sejarah Banyak juga yang menyebutkan bahwa legenda merupakan kisah zaman dulu yang berkaitan dengan peristiwa dan asal usul suatu tempat Kumpulan Cerita SexPengalaman Ngentot Bersama Kumpulan Cerita SexNamaku David, berasal dari kawasan Indonesia Timur Usiakutahun Sejak tahunaku hijrah ke Surabaya untuk meneruskan studi di sebuah PTN terkenal Dari daerahku yang agak terkebelakang aku beralih ke pergaulan metropolis Sex Pertama Dengan Saudara Sendiri Kumpulan Cerita Dewasa Ada satu saudara perempuan saya yang asli cantik namanya Joyce Saya kepingin benar ngobel vaginanya tapi nggak dapat, soalnya dia baru kepegang paha saja sudah sadar Tapi ini malam lain, saya memulai petualangan saya lagi Saya naik ke kamar atas, terlihat si Joyce tidur dengan posisi nafsuin Menghadap ke atas telentang kaki rada mengangkang Darah saya sudah berdesir saja Saya mulaiKUMPULAN CERITA XXX Cerita XXX Hot Buruh Pabrik Gula Apes banget nasib Kamsidi dari Lampung ini Bekerja di pabrik gula, api nasibnya tak selalu manis Bayangkan, ditinggal menunggui kebun tebu, eh di rumah istrinya, Watini malah disesep sesep teman sendiri, persis batang tebu yang dicolong anak anak Kumpulan Cerita Dewasa Kumpulan Cerita Dewasa Pages Home Artikel Gallery Movie Buku Tamu Blog Archive Follow Populer Selingkuh dengan Tetangga Komplek Aku tinggal di kompleks perumahan BTN di Jakarta Suamiku termasuk orang yang selalu sibuk Sebagai arsitek swasta, tugasnya boleh dibilan Swinger Tukar Pasangan KCD Lihat nih, bini aku sexy kan kataku bangga Rendy melotot dan berdecak kagum.


10 thoughts on “Perempuan: Kumpulan Cerita Pendek

  1. Arief Bakhtiar D. Arief Bakhtiar D. says:

    SUARA DARI MASA LALUSAYA pertama kali membaca tulisan Mochtar Lubis seorang jurnalis kenamaan Indonesia yang pada tahun 1966, tahun ia dari penjara rezim Soekarno selama 9 tahun, mendapat hadiah Magsaysay dalam buku kumpulan esai Manusia Indonesia Menarik, tapi sesungguhnya saya tidak fokus benar Tidak begitu asyik membacanya.Mochtar Lubis baru menarik perhatian saya perlu saya beri penekanan pada kata hati ketika pada suatu kali, tanpa ada rencana sebelumnya, saya membeli buku kumpulan ce SUARA DARI MASA LALUSAYA pertama kali membaca tulisan Mochtar Lubis seorang jurnalis kenamaan Indonesia yang pada tahun 1966, tahun ia dari penjara rezim Soekarno selama 9 tahun, mendapat hadiah Magsaysay dalam buku kumpulan esai Manusia Indonesia Menarik, tapi sesungguhnya saya tidak fokus benar Tidak begitu asyik membacanya.Mochtar Lubis baru menarik perhatian saya perlu saya beri penekanan pada kata hati ketika pada suatu kali, tanpa ada rencana sebelumnya, saya membeli buku kumpulan cerpen Perempuan terbitan Yayasan Pustaka Obor Indonesia Saat itulah saya bertemu kembali dengan tulisan Mochar Lubis Dalam halaman halaman awalnya disebut, kumpulan itu pertama terbit 1956 oleh penerbit Timun Mas.Cerpen cerpen Mochtar Lubis, sebagaimana yang banyak dikatakan para sastrawan, adalah cerpen cerpen sederhana, singkat, segar, dan apa adanya, tapi kena Dalam kata lain, gamblang tidak ada yang kurang, tidak ada yang lebih, tidak penuh dramatisir, tidak kompleks, tidak ada maksud tersirat, tidak ada kode kode Tapi tetap membuat kita berpikir, tetap bisa merasa Perasaan itu pun begitu jelas, sedih ya sedih, bahagia ya ketawa, miris ya miris Membaca Si Jamal Kawan Saya , kita akan simpati tapi ketawa membaca kesudahan orang yang suka berlagak Membaca Tabrakan, kita akan sama sama sedih dan merenung bagaimana seorang kusir tua yang miskin nan pesakitan dari desa yang dibakar gerombolan bisa mengganti kerusakan sebuah mobil Packard merah tua milik seorang kaya raya yang dalam struktur ekonomi politik yang lebih besar mungkin ikut andil membuat miskin sang kusir tua Membaca Si Djamal Anak Merdeka, kita tahu itu cerita tentang pemimpi dan pembual Membaca La Badinda, kita akan paham gengsi dan keangkuhan antara dua orang yang saling cinta bisa nyata Membaca cerita Mochtar Lubis, kita bisa mendeskripsikan dengan jelas apa yang kita rasakan dan kita maknai, tanpa perlu kening yang berkerut kerut Dari keseluruhan itu, barangkali cerita yang agak rumit adalah tentang Perempuan yang menjadi judul kumpulan cerita pendek ini Dalam cerpen itu, kita, dan agaknya Mochtar Lubis sendiri, menghadapi apa yang tak pernah kita tahu perempuan dan kemauannya Seseorang pernah melucu perempuan sendiri tak persis tahu apa keinginannya.Memulai dari tengah cerita, aku diminta membersamai Maeda, keturunan Jepang Jawa yang lebih dekat dengan orang orang Indonesia dan Belanda ketimbang orang Jepang karena darah campurannya, untuk melamar gadis Indonesia yang tinggal di Tanah Abang Pernikahan beda suku dan negara itu akhirnya terjadi Tapi karena Jepang kalah perang, meskipun Maeda telah sedia sarung plekat dan peci untuk menyamarkan diri dan mau jadi orang Indonesia saja , Maeda dipaksa pulang ke Jepang, bersama tentara Jepang yang lain, bersama istrinya Aisah yang tengah mengandung Dalam perjalanan di kapal itu bayi Aisah meninggal, dan sejak saat itu Aisah tak pernah bahagia lagi bersama Maeda.Maka ketika aku kebetulan ketemu Maeda di Tokyo, Maeda meminta tolong aku agar menasehati Aisah agar tetap tinggal di Jepang Mungkin sama sama Indonesia bisa berpengaruh, menurut Maeda Sebab, dalam waktu dekat, belum memungkinkan bagi Maeda untuk masuk Indonesia Aku tahu pendirian Aisah sudah bulat antara dia dan Maeda tak ada lagi yang dapat diperbaiki Bayi yang mati sewaktu di kapal menuju Jepang telah membuat Aisah benci dan jijik kepada semua orang Jepang Aisah yang dulu mengorbankan perasaan karena dikira piaraan Jepang telah kecewa dan kesepian di Tokyo Dia kini suka main dengan lelaki lain, tak peduli rumah, tak peduli Maeda tak peduli apa kata aku.Tapi Aisah, yang mengerti bahwa Maeda meminta bantuan kawannya itu untuk membujuk Aisah, akhirnya memutuskan untuk mengubah sikapnya ia tetap benci, namun bermanis manis pada Maeda Di telepon Maeda berterima kasih kepada aku , dan tiap kali mengirim surat ke Indonesia tak pernah lupa mengucapkan terima kasih lagi Aku telah jadi nabi bagi Maeda, seperti kata Aisah Yang Maeda tidak tahu manis manis Aisah itu rupanya hanya sandiwara, pura pura saja Tiap tahun baru sebuah surat datang dari Maeda di Jepang ke Indonesia, dan di bawahnya Aisah menulis sungguh sungguh berbahagia orang yang tidak tahu Itulah, sebagaimana ditulis Mochtar Lubis, semacam pembalasan yang halus dan hanya dapat dipikirkan oleh perempuan Saya kira pengalaman itu ada pada diri Mochtar Lubis, meskipun bentuknya mungkin lain Tidak hanya soal perempuan, Mochtar Lubis sering sekali mengambil pretelan pretelan biografi hidupnya sebagai materi cerpen Kita bisa cek bahwa karya karya Mochtar Lubis merujuk pada pengalaman pribadi pengarangnya, baik sebagai anak demang di Sumatera maupun sebagai jurnalis yang sering ke luar negeri dan berkomunikasi dengan orang berbagai bangsa.Tema pretelan yang pertama, misalnya bisa kita lihat dalam Lotre Haji Zakaria Mochtar Lubis bercerita tentang kampung kami di Sumatera , kebun karet ayah di Kerinci , dan ketika ayahku dulu menjabat demang di Kerinci Tema pretelan yang kedua lebih kaya, tersebar di sela sela cerita Dia menyinggung wartawan wartawan yang baru datang dari segenap penjuru dunia, New York, San Fransisco, dari Abilene kota kecil entah di negara bagian mana di Amerika Serikat, dari London, Paris, Istambul dalam Perempuan atau kami datang sebagai anggota delegasi konferensi serikat dagang dagang Untuk Peri Kemanusiaan Saya kira ia juga pernah ke Time Square dan Manhattan, New York Angin Musim Gugur , jalan jalan di Mexico City La Badinda , naik kapal Star Queen Semuanya Bisa Dibeli , bermalam di hotel Adelphi di pinggir laut Singapura dan menghadiri konferensi Inter Asia di New Delhi 1947 keduanya dalam Ceritera dari Singapura , nongkrong nongkrong di bar Sea Inn di pelabuhan Hongkong Cemburu , atau ke Manila pada Mei 1950 dan duduk duduk di tempat dansa aristokrat di Dewey Boulevard Sepucuk Surat Bagi saya, yang kadang menulis cerita pendek kecil kecilan dan tak pernah dikirim ke koran atau majalah, pengangkatan sebagian pengalaman hidup dalam cerita adalah hal termudah yang bisa ditiru dari wartawan besar ini Tentu saja kita tak mesti jadi jurnalis kenamaan yang biasanya memang pergi ke mana mana seperti Mochtar Lubis Pengalaman diri sendiri lebih dari cukup untuk dituliskan Atau pengalaman orang lain Dari situ kita bisa yakin kita bisa mengembangkan sebuah cerita yang bagus Sebuah karangan adalah sebuah tulisan dengan kemungkinan kemungkinan cerita yang berkembang tidak terbatas, dengan bahasa bahasa yang terus diasah Apa yang khas lainnya sesuatu yang lama dan berharga dari tulisan Mochtar Lubis dalam kumpulan Perempuan adalah perasaan umumnya orang Indonesia pada masa pendudukan Jepang dan situasi sosial politik tahun 1950 an Misalnya, Mochtar Lubis mengecam Asia Raya , konsep konsep seputar kata itu, dan jengkel kenapa kata kata orang Jepang kalau orang Indonesia bodoh itu benar adanya Atau, perasaan lain di masa yang susah itu adalah bagaimana makan enak susah benar di masa pendudukan Jepang sehingga ajakan makan makan berat untuk ditolak dalam Perempuan Atau mengenai orang orang Indonesia yang memilih di luar negeri demi kepastian ekonomi karena di negeri sendiri masih tak jelas Angin Musim Gugur dan pergumulan tokoh masyarakat dalam pusara politik pasca kemerdekaan Cerita Sebenarnya Mengapa Haji Jala Menggantung Diri Seperti meramal, Mochtar Lubis juga sempat mencatat bagaimana kalau aku ceritakan semua kritikan dan makian yang dilemparkan kepada Bung Karno dan pemimpin pemimpin lain, maka aku akan ditangkap esok lusa oleh PM, dituduh merusakkan ketentraman umum, mencoba menghilangkan kepercayaan rakyat kepada pemerintah, melanggar kesaktian pemimpin atau presiden, dan entah apa lagi Si Djamal Anak Merdeka Kita tahu, beberapa tahun setelah itu ia benar benar dipenjara rezim Soekarno Barangkali sudah diincar sejak lama.Tapi itu dulu Pertanyaannya, apakah tulisan Mochtar Lubis, pendiri majalah sastra Horizon yang alhamdulillah masih terbit sampai hari ini, perlu ditengok kembali dengan tekun, padahal ia suara dari masa lalu Jawabannya bisa ya, bisa tidak Kalau ya, sebab paling sederhana adalah, meminjam Riris K Toha Sarumpaet dalam pengantarnya atas buku itu, cerita ditulis untuk dibaca


  2. Fariza Fariza says:

    Tulisan Mochtar Lubis jelas menunjukkan pengalaman beliau yang luas sebagai wartawan jemputan PBB Menariknya seolah semua kisah ini adalah benar Akan saya korek buku buku tulisan beliau lagi..Petikan paling best Lubuk hati manusia itu dalamnya tiada terduga duga Kita sangka sudah tiba pada dasarnya, akan tetapi masih lebih dalam lagi Mochtar Lubis


  3. Fildzah Husna Amalina Fildzah Husna Amalina says:

    Mochtar Lubis dan kesederhanaan cerita yang mengasah dengan mempertanyakan nurani Selalu relevan, timeless.Saya punya kesukaan aneh dengan kisah sehari hari, tidak neko neko, karena buat saya yang biasa biasa saja selalu lebih relevan dan menyisakan ruang yang banyak untuk merefleksi diri dengan keseharian kita sendiri Cerita cerita pendek di buku ini ditulis tahun 50 an, tentu berkisah soal hal hal sederhana di masa itu Sebagai manusia modern yang sering terasing dengan linimasa sejarah, Mochtar Lubis dan kesederhanaan cerita yang mengasah dengan mempertanyakan nurani Selalu relevan, timeless.Saya punya kesukaan aneh dengan kisah sehari hari, tidak neko neko, karena buat saya yang biasa biasa saja selalu lebih relevan dan menyisakan ruang yang banyak untuk merefleksi diri dengan keseharian kita sendiri Cerita cerita pendek di buku ini ditulis tahun 50 an, tentu berkisah soal hal hal sederhana di masa itu Sebagai manusia modern yang sering terasing dengan linimasa sejarah, terkadang kita perlu menggunakan lensa lain untuk melihat kehidupan masa masa lalu Melihatnya dari sudut pandang jurnalis yang banyak mengkritik Soekarno ini amat layak menjadi opsi Cerita favorit saya Cerita Sebenarnya Mengapa Haji Jala Menggantung Diri, Sinyo Brandi, Orang Gila, Tabrakan


  4. Nursifa Aghnia Nursifa Aghnia says:

    Baru baru ini aja mulai baca buku lagi dan dipinjemin buku ini sama Om Arif Jenis cerita ceritanya belum pernah dibaca sebelumnya, membuka mata aja jadi seneng bacanya.


  5. Mardyana Mardyana says:

    Membaca kumpulan cerita pendek Mochtar Lubis ini rasanya seperti mendengar kisah dari seorang kerabat yang mampir ke rumah setelah bepergian ke negeri negeri yang jauh Ada cerita tentang cinta yang aneh aneh seperti nyonya Sheila Higgins dan David Farrar Semua Bisa Dibeli , juga antara La Bandida dengan Andre Valdes La Bandinda , dan antara Aisah dengan Maeda Perempuan.Tidak melulu cerita tentang cinta cintaan, Mochtar Lubis juga punya kisah tentang kemiskinan dan bahan tertawaan Ada kisa Membaca kumpulan cerita pendek Mochtar Lubis ini rasanya seperti mendengar kisah dari seorang kerabat yang mampir ke rumah setelah bepergian ke negeri negeri yang jauh Ada cerita tentang cinta yang aneh aneh seperti nyonya Sheila Higgins dan David Farrar Semua Bisa Dibeli , juga antara La Bandida dengan Andre Valdes La Bandinda , dan antara Aisah dengan Maeda Perempuan.Tidak melulu cerita tentang cinta cintaan, Mochtar Lubis juga punya kisah tentang kemiskinan dan bahan tertawaan Ada kisah tentang perempuan yang pura pura gila karena malu hidup melarat Orang Gila , juga tentang kusir apes yang menabrak mobil mewah Tabrakan Di halaman lainnya ada juga cerita empat laki laki yang dengan mudahnya terpedaya paras cantik perempuan yang baru mereka temui Demi Kemanusiaan , atau tentang opas tukang kawin yang bekerja di sebuah kantor yang punya karyawan kebanyakan Pak Siman dan bini bininya.Semua cerita ditulis dengan gaya orang berbicara sehingga terbaca bagai mendengar rekaman suara si penceritanya sendiri Membuat cerita cerita yang dituturkannya ini terasa dekat, humanis, dan nostalgis


  6. Gita Gita says:

    Jika seorang pegawai negeri kecil yang tidak punya uang jatuh cinta dengan sekaligus pada seorang wanita kaya raya, dan dia melihat wanita juga jatuh cinta padanya, maka dia harus berhati hati Tidak boleh dia mengambil pimpinan, sebab si wanita bisa menyangka nanti, si lelaki mengintip hartanya Jika si wanita tunggu cinta padanya, maka pasti si wanita yang akan mengambil inisiatif hlm 68 Semuanya Bisa Dibeli Menggelikan sekali.Selanjutnya, Apa beda wiski dengan perempuan, dia akan bertany Jika seorang pegawai negeri kecil yang tidak punya uang jatuh cinta dengan sekaligus pada seorang wanita kaya raya, dan dia melihat wanita juga jatuh cinta padanya, maka dia harus berhati hati Tidak boleh dia mengambil pimpinan, sebab si wanita bisa menyangka nanti, si lelaki mengintip hartanya Jika si wanita tunggu cinta padanya, maka pasti si wanita yang akan mengambil inisiatif hlm 68 Semuanya Bisa Dibeli Menggelikan sekali.Selanjutnya, Apa beda wiski dengan perempuan, dia akan bertanya memeluk gelas wiski dengan jari jarinya, penuh kasih sayang Tidak tahu, kataku Kalau engkau mabuk wiski, tubuhmu bisa rusak, mungkin jiwamu ikut rusak Akan tetapi kalau engkau mabuk perempuan AAAAH silakan baca sendiri karena buku ini terkadang amat lucu, sarkas, dan getir apa adanya dengan narasi yang sederhana


  7. Dyan Eka Dyan Eka says:

    Bisa dibilang saya tertipu dengan judul Perempuan di cover buku ini Saya kira bukunya akan berisi cerita pendek beberapa tokoh perempuan, nyatanya saya salah Ngga tahu deh, ya, kenapa kok judul cover buku ini perempuan.Tapi di balik rasa tertipu itu, ternyata saya menikmati isi buku ini Cerita cerita pendeknya seru untuk dibaca Cerita banyak mengangkat tema slice of life, cerita yang bisa saja terjadi pada siapapun, baik secara implisit maupun eksplisit Cerita sederhana tapi sanggup menga Bisa dibilang saya tertipu dengan judul Perempuan di cover buku ini Saya kira bukunya akan berisi cerita pendek beberapa tokoh perempuan, nyatanya saya salah Ngga tahu deh, ya, kenapa kok judul cover buku ini perempuan.Tapi di balik rasa tertipu itu, ternyata saya menikmati isi buku ini Cerita cerita pendeknya seru untuk dibaca Cerita banyak mengangkat tema slice of life, cerita yang bisa saja terjadi pada siapapun, baik secara implisit maupun eksplisit Cerita sederhana tapi sanggup mengajak pembacanya untuk berpikir sebentar.Walaupun untuk beberapa cerita saya gagal menangkap maksudnya


  8. ayu amaradipta ayu amaradipta says:

    Bahasan soal watak, kehidupan, kesederhanaan vs kemewahan, yang nyata tanpa dramatisir yang muluk2 Makin kagum dengan efisiensi bahasa dan konteks Mochtar Lubis, hal kecil keseharian jadi termaknakan kuat, terkait nurani dan karakter Beberapa yang nyangkut terus di kepala Kebun Pohon Kastanye, Sinyo Brandi, Tabrakan, Orang Gila, Cemburu, dan mungkin semua cerita lainnya juga


  9. Afitasari Mulyafi Afitasari Mulyafi says:

    AKU membaca kumcer ini berkat seorang teman yang dengan senang hati menawarkannya Aku pengen bisa nulis deskripsi yang enak dibaca, katanya yang kemudian disusul dengan cerita mengenai buku ini Dengan ukurannya yang menggemaskan, kecil nan mungil, buku ini bisa dikatakan sangat berhasil menarik hatiku untuk jatuh Tuturnya sederhana, tapi bernilai makna.


  10. Nila Mahardika Nila Mahardika says:

    sebagai penulis senior Mochtar Lubis sangat handal dalam membangun cerita dan konflik di dalamnya sehingga tiap kumpulan cerpen dalam buku tersebut memiliki mata rantai yang tidak terputus bila pembaca cermat dalam membaca tiap bagiannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *